A. Deskripsi
Singkat
Perpustakaan yang modern saat ini ditandai dengan adanya tugas, fungsi
dan kegiatan pokok perpustakaan yang jelas dan terprogram. Di antaranya,
menghimpun dan mengumpulkan (to collect),
mengolah, memelihara, merawat, melestarikan (to preserve), mengemas, menyajikan dan memberdayakan, serta
memanfaatkan dan melayankan kepada pemakai (to
make available). Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang
semakin pesat, terjadinya penetapan standar pelayanan publik yang di tetapkan
didalam suatu keputusan pemerintah dan adanya pengembangan standar layanan yang
dikembangkan oleh suatu perusahaan/ lembaga/ institusi yang bertujuan untuk
memunculkan kepuasan tersendiri bagi penerima layanan tersebut.
Dalam menjalankan fungsi perpustakaan, perpustakaan tidak terlepas dari meet and greet yaitu penyelenggaraan
pelayanan, dimana terjadinya pelayanan yang dilayankan kepada pengguna.
Pelayanan perpustakaan digolongkan kepada pelayanan publik, ini dapat di lihat
dari segi pelayanan yang dilayankan kepada setiap orang yang memasuki
perpustakaan tanpa memandang status sosial, jabatan, usia dan pekerjaan.
Setiap penyelenggaraan pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan
dan dipublikasikan sebagai jaminan adanya kepastian bagi penerima pelayanan.
Standar pelayanan merupakan ukuran yang dibakukan dalam penyelenggaraan
pelayanan publik yang wajib ditaati oleh pemberi dan atau penerima pelayanan.
Dampak
dari keberhasilan penerapan standar layanan yang dirasakan langsung oleh
pengguna layanan akan menumbuhkan minat penerima pelayanan untuk menggunakan
dan kembali menggunakan layanan tersebut.
B. Referensi
Terkait
1. Buku
Ratminto, A.
S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
(Penulisan bibliografi menggunakan pola APA)
a.
Keterangan
Buku
Judul
buku : Manajemen pelayanan
(Pengembangan model konseptual,penerapan
citizens charter dan standar pelayanan)
Penulis : Ratminto & Atik Septi
Winarsih
Penerbit : Pustaka Pelajar
Cetakaan : II Maret 2006
Tebal :xxi + 399 halaman
Penerbit : Pustaka Pelajar
Cetakaan : II Maret 2006
Tebal :xxi + 399 halaman
b.
Anotasi
Buku ini membahas tentang dasar dari manajemen pelayanan yang memberikan
pemahaman kepada pembaca tentang pelayanan pada umumnya yaitu pelayanan publik,
pelayanan minimal, hingga pelayanan kepustakaan. Pada buku ini terdapat
pembahasan tentang pengembangan model
pelayanan, konseptual pelayanan, penerapan citizen’s charter dan standar
pelayanan minimal. Maka dengan pembahasan tersebut penulis mengambil referensi
buku manajemen pelayanan sebagai sumber bibliografi dikarenakan berkaitan
dengan topik penulis.
2. Buku
Istianan, P.
(2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: ombak.
(Penulisan bibliografi menggunakan pola APA)
a.
Keterangan
Buku
Judul
Buku : Layanan Perpustakaan
Penulis : Purwani Istiana
Impresum : Yogyakarta, Ombak, 2014
Kolasi : xii, 93 hlm.; 21 cm.
ISBN : 978-602-258-232-8
Penulis : Purwani Istiana
Impresum : Yogyakarta, Ombak, 2014
Kolasi : xii, 93 hlm.; 21 cm.
ISBN : 978-602-258-232-8
b.
Anotasi
Buku ini mempunyai materi-materi yang sangat membantu penulis untuk
memperoleh sumber informasi yang berkaitan dengan topik pembahasan, karena
didalamnya membahas tentang apa itu layanan, tugas layanan, tujuan layanan,
unsur layanan, sarana dan prasaranan, kemudian pada pedalamannya didalam buku
ini membahas pembahasan yang semakin mendetil yaitu pembahasan mengenai
jenis-jenis layanan pengguna perpustakaaan.
3. Website
dalam bentuk PDF
Sari, R.
(2010). Retrieved Mei Minggu, 2015, from repository.usu.ac.id:
(Penulisan bibliografi menggunakan pola APA)
a.
Anotasi
Pada page web ini penulis dapat menambah sumber referensi mengenai topik
pembahasan karena pada page web ini terkandung materi yang dicari oleh penulis
yang membahas tentang apa itu sirkulasi, prinsip dan tujuan dari layanan
sirkulasi, fungsi dan tugas pelayanan sirkulasi, sistem pelayanan sirkulasi,
dan kegiatan pelayanan sirkulasi.
4. Website
dalam bentuk PDF
(Penulisan
bibliografi menggunakan pola APA)
a.
Anotasi
Pada artikel ini penulis dapat mengambil materi tentang
komponen perpustakaan, pengguna dalam segala aspek kebutuhan, pengobatan virus
pustakawan, jenis virus dan penularannya, tanda-tanda pustakawan yang terkena
virus, pelayanan prima perpustakaan, keberhasilan pelayanan prima perpustakaan,
kepuasan pengguna perpustakaan,
5. Jurnal
B Mustafa,
Y. Y. (2007). Memenuhi Harapan Pengguna tentang Layanan Prima Perpustakaan
Melalui Penerapan SOP (Standard Operation Procedure). Jurnal Perpustakaan,
3.
(Penulisan bibliografi menggunakan pola APA)
a.
Anotasi
Didalam
jurna ini menjelaskan tentang fungsi SOP (Standard Operation Procedure) di
perpustakaan dalam rangka meningkatkan mutu layanan perpustakaan. Dengan adanya
SOP, maka standar mutu layanan yang akan dihasilkan oleh suatu pekerjaan dapat
diukur sebelumnya. Demikian juga mutu layanan yang diharapkan diberikan kepada
pengguna dapat ditentukan. Dengan SOP, maka staf perpustakaan akan mudah
melaksanakan pekerjaannya, karena ada pedoman yang diikuti. Kontrol terhadap
pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah berkat adanya SOP. Teknik membuat SOP
dijelaskan secara ringkas. Dibahas beberapa trik yang dilakukan perpustakaan
untuk mendongkrak peningkatan mutu layanan perpustakaan. Selain itu diuraikan
contoh format SOP baik tercetak maupun format digital interaktif. Dengan
perimbangan hal tersebut penulis menggunakan sumber referensi ini untuk
dijadikan sebagai sumber rujukan.
6. Vidio
Online
Future
Library Service
dapat
diakses melalui www.youtube.com melalui urel : https://www.youtube.com/watch?v=wE7NbJW84W0Anotasi
a.
Keterangan
Judul : Future Library Services
Durasi :
4 : 14 menit
Diposting oleh :
Kent
County Council
Tanggal Posting : 23 Apr 2012
b.
Didalam
video ini menjelaskan bagaimana keadaan perpustakaan dimasa depan yang
mengutamakan kenyamanan, dan suasana yang tidak kaku didalam perpustakaan yang
menfaatkan desain interior, perkembangan IT serta pelayanan pustakawan yang
sangat prima sehingga menjadikan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran serta
tempat rekreasi yang menyenangkan bagi keluarga tanpa mengenal usia.
7. E-Book
Dasar-dasar Pelayanan Prima
a.
Keterangan
Judul : Pelayanan Prima
Pengarang : Atep Adya Barata
b.
Anotasi
Buku ini memberi
teori secara umum tentang bagaimana persiapan dalam menbangun suatu budaya
pelayanan prima untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar