wdwefeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

nwceelknfewlbcnwelknfc ew,cfwecewewcewcew

Senin, 29 Juni 2015

PATHFINDER STANDAR LAYANAN SIRKULASI

A.      Deskripsi Singkat
Perpustakaan yang modern saat ini ditandai dengan adanya tugas, fungsi dan kegiatan pokok perpustakaan yang jelas dan terprogram. Di antaranya, menghimpun dan mengumpulkan (to collect), mengolah, memelihara, merawat, melestarikan (to preserve), mengemas, menyajikan dan memberdayakan, serta memanfaatkan dan melayankan kepada pemakai (to make available). Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, terjadinya penetapan standar pelayanan publik yang di tetapkan didalam suatu keputusan pemerintah dan adanya pengembangan standar layanan yang dikembangkan oleh suatu perusahaan/ lembaga/ institusi yang bertujuan untuk memunculkan kepuasan tersendiri bagi penerima layanan tersebut.
Dalam menjalankan fungsi perpustakaan, perpustakaan tidak terlepas dari meet and greet yaitu penyelenggaraan pelayanan, dimana terjadinya pelayanan yang dilayankan kepada pengguna. Pelayanan perpustakaan digolongkan kepada pelayanan publik, ini dapat di lihat dari segi pelayanan yang dilayankan kepada setiap orang yang memasuki perpustakaan tanpa memandang status sosial, jabatan, usia dan pekerjaan.
Setiap penyelenggaraan pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan dan dipublikasikan sebagai jaminan adanya kepastian bagi penerima pelayanan. Standar pelayanan merupakan ukuran yang dibakukan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang wajib ditaati oleh pemberi dan atau penerima pelayanan.
Dampak dari keberhasilan penerapan standar layanan yang dirasakan langsung oleh pengguna layanan akan menumbuhkan minat penerima pelayanan untuk menggunakan dan kembali menggunakan layanan tersebut.

B.       Referensi Terkait
1.      Buku
Ratminto, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
(Penulisan  bibliografi menggunakan pola APA)
a.       Keterangan Buku
Judul buku           : Manajemen pelayanan (Pengembangan model konseptual,penerapan
citizens charter dan standar pelayanan)
Penulis                  : Ratminto & Atik Septi Winarsih
Penerbit                : Pustaka Pelajar
Cetakaan              : II Maret 2006
Tebal                    :xxi + 399 halaman
b.      Anotasi
Buku ini membahas tentang dasar dari manajemen pelayanan yang memberikan pemahaman kepada pembaca tentang pelayanan pada umumnya yaitu pelayanan publik, pelayanan minimal, hingga pelayanan kepustakaan. Pada buku ini terdapat pembahasan tentang pengembangan  model pelayanan, konseptual pelayanan, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Maka dengan pembahasan tersebut penulis mengambil referensi buku manajemen pelayanan sebagai sumber bibliografi dikarenakan berkaitan dengan topik penulis.

2.      Buku
Istianan, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: ombak.
(Penulisan  bibliografi menggunakan pola APA)
a.       Keterangan Buku
Judul Buku           : Layanan Perpustakaan
Penulis                  : Purwani Istiana
Impresum             : Yogyakarta, Ombak, 2014
Kolasi                   : xii, 93 hlm.; 21 cm.
ISBN                    : 978-602-258-232-8
b.      Anotasi
Buku ini mempunyai materi-materi yang sangat membantu penulis untuk memperoleh sumber informasi yang berkaitan dengan topik pembahasan, karena didalamnya membahas tentang apa itu layanan, tugas layanan, tujuan layanan, unsur layanan, sarana dan prasaranan, kemudian pada pedalamannya didalam buku ini membahas pembahasan yang semakin mendetil yaitu pembahasan mengenai jenis-jenis layanan pengguna perpustakaaan.

3.      Website dalam bentuk PDF
Sari, R. (2010). Retrieved Mei Minggu, 2015, from repository.usu.ac.id:
(Penulisan  bibliografi menggunakan pola APA)
a.       Anotasi
Pada page web ini penulis dapat menambah sumber referensi mengenai topik pembahasan karena pada page web ini terkandung materi yang dicari oleh penulis yang membahas tentang apa itu sirkulasi, prinsip dan tujuan dari layanan sirkulasi, fungsi dan tugas pelayanan sirkulasi, sistem pelayanan sirkulasi, dan kegiatan pelayanan sirkulasi.

4.      Website dalam bentuk PDF
Djunaidi, M. A. (n.d.). Retrieved Mei Minggu, 2015, from digilib.unsri.ac.id: http://digilib.unsri.ac.id/download/Layanan%20Prima%20%20Sebagai%20%20Usaha%20%20Pemberdayaan%20%20Perpustakaan.pdf
(Penulisan  bibliografi menggunakan pola APA)
a.       Anotasi
Pada artikel ini penulis dapat mengambil materi tentang komponen perpustakaan, pengguna dalam segala aspek kebutuhan, pengobatan virus pustakawan, jenis virus dan penularannya, tanda-tanda pustakawan yang terkena virus, pelayanan prima perpustakaan, keberhasilan pelayanan prima perpustakaan, kepuasan pengguna perpustakaan,

5.      Jurnal
B Mustafa, Y. Y. (2007). Memenuhi Harapan Pengguna tentang Layanan Prima Perpustakaan Melalui Penerapan SOP (Standard Operation Procedure). Jurnal Perpustakaan, 3.
(Penulisan  bibliografi menggunakan pola APA)
a.       Anotasi
Didalam jurna ini menjelaskan tentang fungsi SOP (Standard Operation Procedure) di perpustakaan dalam rangka meningkatkan mutu layanan perpustakaan. Dengan adanya SOP, maka standar mutu layanan yang akan dihasilkan oleh suatu pekerjaan dapat diukur sebelumnya. Demikian juga mutu layanan yang diharapkan diberikan kepada pengguna dapat ditentukan. Dengan SOP, maka staf perpustakaan akan mudah melaksanakan pekerjaannya, karena ada pedoman yang diikuti. Kontrol terhadap pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah berkat adanya SOP. Teknik membuat SOP dijelaskan secara ringkas. Dibahas beberapa trik yang dilakukan perpustakaan untuk mendongkrak peningkatan mutu layanan perpustakaan. Selain itu diuraikan contoh format SOP baik tercetak maupun format digital interaktif. Dengan perimbangan hal tersebut penulis menggunakan sumber referensi ini untuk dijadikan sebagai sumber rujukan.
               
6.      Vidio Online
Future Library Service
a.       Keterangan
Judul                    : Future Library Services
Durasi                   : 4 : 14 menit
Diposting oleh      : Kent County Council
Tanggal Posting   : 23 Apr 2012
b.      Didalam video ini menjelaskan bagaimana keadaan perpustakaan dimasa depan yang mengutamakan kenyamanan, dan suasana yang tidak kaku didalam perpustakaan yang menfaatkan desain interior, perkembangan IT serta pelayanan pustakawan yang sangat prima sehingga menjadikan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran serta tempat rekreasi yang menyenangkan bagi keluarga tanpa mengenal usia.

7.      E-Book
Dasar-dasar Pelayanan Prima
Dapat diakses melalui www.googlebook.com melalui urel :
a.       Keterangan
Judul                    : Pelayanan Prima
Pengarang            : Atep Adya Barata
b.      Anotasi

Buku ini memberi teori secara umum tentang bagaimana persiapan dalam menbangun suatu budaya pelayanan prima untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr